My Baby

Review: Silicone breast pump Mooimom

Pertama baca review Silicone Breastpump dari mom IG @rookie.mommy aku langsung pengen punya, karena masalahku selama menyusui adalah hiperlaktasi. Hanya saja yang direview mom Lis (@rookie.mommy) itu merk Haaka. Setelah saya cek harganya lumayan mahal, bisa dapet satu breastpump manual wkwk. Sempet mundur juga mau beli, eh tapi ternyata nemu merk Mooimom yang bedanya hampir setengah harga. Sudah termasuk tutupnya pula. Kalau merk Haaka tutupnya dijual terpisah dan harganya juga mahal banget untuk sebuah tutup doang (bagi saya, kalo bagi yang punya duit sih ya nggak semahal itu lah wkwk).


Buat saya, ini worth it banget. Kenapa? Karena bisa dipake buat nadahin LDR saat menyusui. Dan dia bisa nempel kuat yah, jadi nggak perlu dipegangi lagi. Kendalanya cuma kalo kepenuhan (more than 50ml) dia bakalan menjadi berat dan beresiko tumpah karena lepas dari kulit. Apalagi kalo model babynya kayak Edgar yang tangannya rusuh tebas sana sini. Jadi kalo nenenin harus sambil saya pegangi tangan Edgar dan silicone BPnya. Saya kan nenenin sambil tidur, posisi BPnya jadi ikutan miring dan asi yang tertampung di silicone BP mbeleber sampe ke PD. But, surprisingly belum pernah bocor/tumpah lho soalnya aku pegangin kuat-kuat juga sih. Itu foto diatas hasil LDR saat nenenin langsung, dapat 30ml dalam 5 menit (bentar banget nenennya karena Edgar lagi nursing strike waktu itu).


Nah, yang paling saya suka dari BP ini pas diajak tandem sama manual BP. Saya pake manual single BP Medela Harmony. Problem saya selama ini kalo lagi menyusui atau pumping (single pump), PD satunya merembes bocor kemana-kemana. Kan sayang banget ya, padahal rembesan PD sebelah bisa untuk sekali minum tuh. Jadi selama pumping, PD yang satunya saya pasangin silicone BP ini. Dia bisa nempel di kulit tanpa dipegangi, jadi tangan satunya bisa buat full force engkol. Cuma ya kalo uda masuk 50ml+ agak serem juga kayak mai jatuh saking beratnya beban cairan. So far nggak pernah copot sendiri. Kalau keliatnnya agak membahayakan saya ganjel pake dengkul sesekali uda beres hahaha.
Sekarang saya jabarin saja minus silicone BP ini ya

Kekurangan: 

1. Ada lid/tutupnya tapi nggak bisa yang klop banget kayak kalo kita nutup wadah plastik. Namanya juga silicone, tahu sendiri kan bahannya kayak apa. Jadi lidnya ini cuma kepake buat nutup sementara sebelum dipindah ke botol kaca.

2. Dia bisa nempel di kulit tapi kalo asi uda lebih dari 50ml harus dipegangin karena rawan jatuh (berat bok).

3. Dikemasan tertulis bisa disteril tapi tidak boleh dicuci sabun, cuma boleh disiram air aja karena sabun dapat merusak bentuk. Saya jadi bingung deh, berasa nggak bersih apalagi asi itu kan super lengket. Awalnya saya cuci, sabun dan steril. Setelah itu selama 2x pemakaian hanya saya siram dan rendam air panas sebentar aja, eh kok malah bau karet terbakar. Karena takut kenapa napa, akhirnya sekarang saya cuci sabun dan steril biasa kayak perlakuan yang lain, dan kalau disteril uda nggak pernah bau karet terbakar lagi
PS: oya, belakangan liat banyak yang jual silicone BP sejenis tanpa merk yang cuma dibungkus plastik. Murah banget. Nggak tahu deh itu barang reject atau KW. Saya sih nggak berani beli. Tapi kalau pengen punya atau budget pas-pasan silakan aja dicoba hehe

Leave a Reply

