My Baby

What my pregnancy feels like – Part 1

Ini lanjutan dari Wow, I’m Pregnant!.

So, what my pregnancy feels like?

Trimester pertama:

Rasanya capeeeeeeeeek terus. Ngantuuuuuuk terus. Saya sering ketiduran tanpa sadar. Pas buka mata tahu-tahu uda 3 jam tidur gitu aja kayak yang saya ceritakan diatas. Temen ada yang protes, kok status wa atau bbm saya lagi typing… tapi ditungguin berjam-jam nggak muncul tuh balasan chatnya. Trus, suami pagi berangkat kerja saya beres-beres, kelar beberes saya tiduran karena capek banget. Tahu-tahu suami telepon nanya lagi apa, udah makan belum, kok chatnya nggak dibalas, dsb. Eh ternyata saya ketiduran dari pagi sampe sore lho. Padahal malemnya juga tidur normal kayak kebo. I was tottaly wasted.

Saya sukses dikibulin suami. Dideportasi untuk pulang kampung ke Madiun. Karena dia khawatir kalau kondisi wasted gini makannya jadi tidak tercukupi. Ya bener juga sih, kalau di rumah pasti dimasakin sama Ibu. Kalaupun lagi ketiduran, pasti dibangunin orang rumah. Waktunya makan juga pasti dipaksa makan. Dan yang jelas makanan terjamin bebas MSG. Nggak akan bablas kayak kalau saya sendirian.

Saya kena ISK. Infeksi Saluran Kencing. Gara-garanya, saya banyak pipis. Aslinya saya emang beseran, tapi setelah hamil ini frekuensi ke toilet meningkat drastis. Baru keluar toilet, saya langsung minum air putih trus duduk, eh udah kebelet lagi, kan capek ya. Ke dokter kandungan di Bandung cuma dinasehatin suruh banyak minum aja padahal saya baca-baca harusnya bisa dapat resep antibiotik yang aman untuk bumil. Karena kalau ISKnya parah, bisa menyerang ginjal dan membahayakan janin. Akhirnya pas di Madiun dikasih resep antibiotik sama dokter (dr. H. Suwardi, SpOG) dan nggak sampe 3 hari langsung sembuh. Sisa obat tidak saya habiskan dan ISK saya alhamdulillah tetap nggak kambuh, heeeeh dari dulu kek, jadi kan saya nggak perlu menderita selama dua bulan ini. Byebye anyang-anyangen.

Selain ISK, saya kena sembelit. Aduh tersiksa banget lah ya seminggu ga bisa BAB. Perut rasanya penuh bgt tapi nafsu makan dan porsi makan meningkat. Jadi bayangin aja gimana tuh rasanya. Dari makan buah, minum yakult, vegeta herbal etc kagak ngefek. Akhirnya untuk pertama kali saya pake.. Microlax. Not my best experience. Setelah masa-masa suram itu, saya bebas sembelit sampe masuk TM 3 (it’s another story)

Kena flu parah, panas batuk pilek sampai 4 bulan kehamilan karena kecapekan dan sempat kehujanan selama di Jogja. Saya dikasih obat flu yang aman untuk bumil sama dr. Wardi tapi saya minumnya nggak teratur alias jarang-jarang karena banyak banget itu pil yang harus saya minum dan perut saya jadi sakit luar biasa. Mungkin ginjal nggak kuat. Tapi di bulan ke-4 alhamdulillah batuknya sembuh juga sampai sekarang. Untuk para bumil yang kena batuk, langsung segera diobati ya, apalagi kalau hamil tua. Karena akibatnya bisa fatal. Batuk tuh capek lho, kasian janin di dalamnya *sotoy

Oya selama hamil TM 1 ini saya enjoy yah. Bawaannya ngantuk terus. Alhamdulillah ga mabok, ga mual juga. Sampe seneng banget kirain hamil kebo. Cuma bagian rahim tuh rasanya turun banget kalo buat jalan kayak mau jatuh aja saking linunya dibagian bawah. Jadi kalo jalan sambil pegangin perut, buat nahan biar g merucut kebawah (perasaan doang sih). Mungkin yg ngerasain hal sama bisa pake korset hamil yg buat nyangga perut bagian bawah itu lho. Oya, Selain linu juga kram kayak mau menstruasi. Untungnya deket rumah Mbah saya ada dukun bayi. Sekali pijet disana langsung beres. Oya mbah dukun bayinya juga ngasih bocoran, dia pegang si janin ada disebelah kanan. Menurut pengalaman beliau, kalo di kanan kemungkinan besar si Baby ini cowo. Ya percaya ngga percaya saya aminin aja deh, lha wong saya sendiri nggak punya niatan untuk mendahulukan Allah hehe.

Trimester Kedua: kepanjangan kalau diceritain disini. Ntar bikin post terpisah aja deh. See ya.

Leave a Reply

