My Baby

My baby Bejo’s first shopping list

Akhirnya, sempet juga bikin postingan penting-nggak penting soal belanja perlengkapan bayi disini. Udah gatel pengen belanja sejak 4 bulan karena kebetulan lagi banyak sale, tapi diwanti-wanti suami, katanya pamali belanja sebelum 7 bulan. Which is menurut saya bullshit (hehe, sorry hon).Masuk ke TM3 atau pas hamil tua itu rasanya nano-nano, banyak banget discomfortnya. Kalau emang mau shopping, shoppinglah selagi fisikmu prima.

Sejak saya hamil 5 bulan dan udah nggak terlalu teler, saya langsung jalan-jalan ke toko bayi cuma untuk survey hehehe. Ya karena saat TM1 saya teler luar biasa dan nggak pernah keluar rumah, so I was giddy and eager to shop. Pembelian pertama saya waktu itu adalah.. Stroller huehehehe. Pasalnya saya kepanasan dan yah, kadang emang masih mual meski udah masuk TM2. Udah gitu pulangnya saya muntah, lemes sampe mau pingsan di depan tokonya (malu-maluin bangetlah sampe harus dijemput bapak karena saya nggak kuat nyetir sendiri, Ibu saya mana bisa nyetir mobil, so we were stuck). Ibu saya yang menemani sampai takut saya mau mati saking putihnya wajah dan badan saya sampai dingin banget. Ternyata badan saya memang belum fit tapi kalah besar sama keinginan belanja keluar rumah.

Habis itu kami (saya dan orang rumah) kapok belanja keluar, jadi saya mostly online shopping sambil tiduran di rumah, dikit-dikit nyicil comot dari olshop sana sini. Untuk yg masih kurang dan dirasa bisa dibeli ke toko setempat, ya saya pun pergi ke toko sebentar, itupun belanjanya kemarin pas uda 7 bulan, istilahnya udah sah hehe. Trus yang keliling belanja Ibu saya. Saya cuma duduk karena encok capek dan bagian bayar-bayar doang hehe. Lagian di toko disini sangat tidak lengkap, banyak barang yang habis atau item yang saya pengen ternyata mereka nggak jual, jadi menurut saya sekali lagi, malah enak belanja online karena pilhannya lebih banyak dan sudah pasti available. Yah, rugi dikit di ongkos kirim tapi itu nggak seberapa lah bedanya. Alhamdulillah kemarin saya malah sering gratis ongkos kirim via shopee dan orami.

Sekarang kehamilan saya sudah 8 bulan dan masih nyicil belanja ini itu, sengaja dikit-dikit belanjanya supaya berat di dompet dan dapat semua sesuai yg saya mau. Dan pada prakteknya, saya nggak kuat lho. Untuk keluar rumah aja maleeeesssss banget. Setiap kali saya ke babyshop, saya pasti duduk doang karena encok dan lemes mau pingsan. Itu kasusnya saya di babyshop yg ber-AC lho. Kalau lagi nyambangin babyshop yang tanpa AC, sudah jelas saya makin blingsatan nggak bakal kuat lama-lama. Akhirnya apa? Belanjaan saya sebagian besar hasil online shopping! Enak nggak perlu panas-panasan, nggak perlu drama mau pingsan, atau kaki pegal dan boyok encok. Saya salut sekaligus kasian sama Ibu hamil lainnya yang terpaksa/dipaksa belanja setelah 7 bulan ke atas. Yang jelas saya nggak kuat badan rontok rasanya. Dan bersyukur pengalaman belanja ini saya buat bertahap dan bisa melalui olshop. Good luck all bumils’ out there.

Sebelum saya mulai belanja, banyak yang nyuruh saya bikin daftar belanjaan dulu karena barang bayi tuh lucu-lucu dan banyak sekali macamnya. Kalau nggak kuat hati, bisa kalap, semuanya pengen dibeli. Akhirnya saat usia kandungan saya 5 bulan saya buat daftar awal minimalis dulu lalu tanya sana-sini, terutama tanya para teman dan sepupu yang belum lama melahirkan. Hasilnya tanya-tanya, daftar belanja saya kurang lebih sudah benar, cuma jumlah per itemnya yang berbeda karena situasi dan kondisi masih-masing. Ada yang bilang jumlah segitu cukup, ada yang bilang kurang banyak. Tapi hingga akhir, saya keukeuh pada jumlah minimalis, supaya saya punya alasan untuk belanja lagi setelah lahiran.

Berdasarkan kesimpulan, belanja kebutuhan untuk bayi ternyata menyesuaikan situasi dan kondisi ibu yang akan merawatnya. Jadi tiap orang memang beda-beda, nggak bisa dipukul rata setiap ibu hamil belanjaannya harus sama. Kondisi saya sendiri nggak gawe dan dibantu Ibu tanpa pembantu. Rencananya saya mau cuci-kering-pakai tiap hari, jadi rasanya nggak perlu beli baju banyak-banyak. Apalagi lokasi mendukung, tinggal di daerah yang mataharinya selalu cerah. Malamnya mau saya pakaikan disposable diaper supaya baby tidurnya nyenyak, sedangkan pagi hingga sore popok tali saja untuk menghindari ruam dan ngirit pengeluaran.

Akhirnya, ini daftar belanjaan keperluan bayi ala saya:

*yang bertanda bintang artinya optional, boleh beli atau tidak.

 

Essenstial must-buy list:

  1. Bedong baby chaz 6pcs + bedong instan 2pcs + nambah lagi 3pcs bedong katun kaos libby karena katanya kurang + trus nambah lagi 4pcs bedong Nary bahan katun + bedong muslin 2 pcs  = total 17pcs
  2. Popok tali kazel 1 lusin + 1 lusin = total 2 lusin
  3. Cloth diaper enphilia mini 2pcs
  4. Gurita tali* ga beli, mau pinjem sepupu aja karena kepake bentar = 6pcs
  5. Baju kutung/lengan pendek 4pcs + nambah lagi 3pcs sz NB (campuran libby, miyo, dan tokusen) krn kalo cuma 4pcs kurang kata Ibu, baby sering muntah dan ngompol = total 7pcs
  6. Baju lengan panjang sz M boogybaby -4pcs
  7. Celana pendek sz NB (campuran libby dan miyo) -3pcs
  8. Celana pendek sz 0-3 mothercare -3pcs
  9. Celana pendek sz M (ini yg ambil nyokap karena baby sering pipis+pup jd butuh bny yg sz gede sekalian biar kepake lama) -6pcs
  10. Celana panjang tutup kaki sz NB (campuran libby dan miyo) -3pcs
  11. Baju lengan pendek + celana velvet jr sz S -4pcs
  12. Baju lengan pendek + celana velvet jr sz M -2pcs
  13. Baju lengan pendek + celana velvet jr sz L -1pc
  14. Romper uniqlo sz 80 -4pcs
  15. Romper uniqlo sz 90 -1pcs
  16. Kaos singlet tokusen sz 0-3m 6pcs + kazel sz L 6pcs = total 1 lusin
  17. Sleepsuit mothercare sz tiny baby 5pcs + sz 0-3m mc 15pcs + sz 3-6m mc 11pcs + sz 6-9m next.uk 3pcs (saya kebanyakan beli nih!!) = total 34pcs
  18. Sarung tangan kaki (campuran libby, velvet, tokusen, okini) 3pcs + nambah 3pcs lg kata Ibu masih kurang bny krn baby sering gumoh dan pipis = total 6pcs
  19. Washlap 2pcs (chuchu dan libby) + nambah 1pc lagi karena kurang, butuh buat mandi, bersihin patpat dan gumoh = total 3pcs
  20. Washcloth boogybaby -4pcs
  21. Burpcloth carter’s -4pcs
  22. Bibs carter’s -4pcs + HnM bibs 1pc + Limebee bibs 1pcs pasti kepake buat bayi yg suka mainan ludah sampe MPASI = total 5pcs
  23. Kaos kaki mothercare sz 0-6m -5pcs + HnM sz 6-9m -3pcs + pilihan suami 1pc = total 9pcs (saya lebih suka bayi baru lahir pake kaos kaki daripada prewalker)
  24. Topi newborn mothercare 1pc + topi newborn nary warna pink (dikasih) 1pc + topi newborn tanpa merk (dikasih) 1pc + topi upto 6m mothercare 2pcs = total 5pcs (tadinya nggak mau beli karena kan ada tuh bayi yg nggak suka pake topi, termasuk saya waktu bayi dulu. Tapi karena saya nggak beli selimut topi rasanya perlu punya topi untuk melindungi kepala bayi, terutama ubun-ubunnya, kalau keluar rumah untuk imunisasi atau pas lagi main kemana gitu. Lebih baik punya 1 deh, eh tapi malah jadi beli banyak hehe)
  25. Sepatu* newborn mothercare 3pcs (buat gegayaan dan kalau keluar rumah. Sebenarnya penting-nggak penting, tadinya saya nggak mau beli, merasa cukup pake kaos kaki saja toh bayi gitu mana ngerti sih pake sepatu atau nggak, tapi akhirnya beli juga karena lucu, jadi buat punya-punyaan hehe.)
  26. Jaket* uniqlo sz 80 -1pc + hnm sz 9m -1pc = total 2pcs (penting untuk saya, karena saya nggak ada niat beli selimut bayi, jadi beli jaket sekalian yang bisa dipake sampai agak besar)
  27. Beberapa stel baju jalan* ehm saya kemarin kalap belanja pas lagi ada sale, jadi udah punya stok baju dari size newborn sampai 12m buanyaaak banget, fiuuh. Huehehe, padahal ini paling nggak penting sih, karena bayi kan mostly di rumah saja. Paling keluar cuma pas imunisasi dan ngemall. So, ini optional, at least punya 1. Kalau nggak juga nggak apa2, bayi dibedong atau pakai sleepsuit saja cukup. Cuma sayanya aja yang kalap belanja.

Perlengkapan tidur:

  1. Bantal newborn babybee 1pc + spare casenya 1pc (tadinya saya nggak mau beli bantal sama sekali apalagi bantal peyang karena saya lihat bayi sebenernya nggak nyaman. Karena Ibu saya rewel suruh beli, akhirnya saya beli ini karena dibandingkan bantal peyang yang biasa, babybee ini nggak terlalu tinggi seperti bantal peyang dan di desain khusus untuk kepala newborn, bahannya juga dari latex yg cocok buat bayi. Kalaupun nanti disuruh beli yg bolong tengahnya, saya pengen beli bantal Babymoov Lovenest, sekali lagi karena di desain khusus dengan segala kelebihannya, bukan sekedar bantal peyang asal-lucu-dan-imut yg banyak dijual di pasaran)
  2. Kasur baby* nggak beli karena makan space banget, ini optional kalo mau beli buat ditunjukkin ke tamu, saran teman saya cari yg bahan dakron karena nggak sepanas bahan busa. Niatnya besok saya mau taruh di kasur biasa aja yang tipis tapi besar sekalian di ruang depan TV biar saya dan keluarga juga bisa ikut gegoleran hehe.
  3. Guling bayi* nggak beli karena nggak guna menurut saya hehe
  4. Babybox/babycot/babycrib* nggak beli karena niatnya mau co-sleeping aja, lebih ringkes, nggak ribet harus bangun malam ambil bayi untuk nyusuin, dan nggak makan tempat.
  5. Kelambu bayi/kojong* nggak beli karena kepakenya cuma sebentar dan saya subtitusi dengan pake sticker anti nyamuk yg bisa ditempelin di baju baby. Trus kemarin dapat pinjeman kelambu bayi warna pink dari tante, asik.
  6. Sleepsuit* mothercare dan next ori. (Buat yang nggak suka model onesies atau malas ribet ganti popoknya, bisa pilih baju tidur biasa yang 2 pieces, atasan lengan panjang dan celana panjang). Totalnya uda saya sebutin di atas, ini uda saya siapin banyak banget (kebanyakan malah, karena kalap) dari sz nb sampe dia 12kg uda punya dan nggak bakal beli lg haha. Setelah kalap belanja segitu banyak, baru ngeh kalau ada sleepsuit keluaran lokal, merk libby motifnya juga nggak kalah bagus menurut saya. Huhu pengen nyoba beli tapi terlanjur beli banyak sleepsuit, so maybe next time (or next baby) beli deh.
  7. Selimut* saya nggak beli (belum) sama sekali, ini optional karena menurut saya paling dipake cuma pas pulang dr RS atau pas imunisasi/kontrol dokter aja. Apalagi saya sudah siapin sleepsuit dan nanti diatasnya tambah bedong aja kalo perlu, disini panas dan gerah cynn hehe. Kalopun nanti butuh, mau nyari sleeping bag aden and anais atau ikea aja buat tidur. Kalau buat pergi-pergi, sudah ada jaket dan sleepsuit juga, trus kayaknya bakal jarang pergi-pergi juga sih, so I think it’s useless hehe. Tapiii.. kalau pengen punya buat lucu-lucuan, beli 1 aja yang ada hoodienya.

 

Peralatan mandi + toilettries + health care

  1. Bak mandi karet Intex Baby on the go* dengan pertimbangan travel friendly pemakaiannya tinggal di pompa-kempesin aja, hemat tempat deh. Bisa kepake sampe gede (semoga) seolah baby di kolam, permukaannya kesat ala karet jadi nggak bikin khawatir baby kejedot permukaan keras.Selain merk Intex, yang bagus merk Richell atau munchkin (tapi munchkin banyak kw-nya, so hati-hati ya).
  2. Bak Mandi plastik biasa* saya nggak beli. Kalau prefer beli bak mandi biasa, mending yang sekalian ukuran besar karena kalau beli ukuran newborn kepakenya cuma sebentar. Yang bagus merk Puku, but merk biasa yang dijual di babyshop atau supermarket juga oke.
  3. Baby bather* saya tadinya pengen ini tapi akhirnya nggak beli karena lebih suka bak mandi karet. Tapi kelebihan baby bather sama kok, memudahkan ibu baru yang masih takut mandiin sendiri karena posisinya bisa di recline sampe 3x (merk tertentu cuma 2x recline) jadi aman untuk mandiin newborn dari posisi datar. Selain itu travel friendly karena mudah dilipet dan disimpen. Kelemahannya, nggak ada sabuknya, jadi kalau bayi sudah mulai lasak/banyak gerak, ya say goodbye saja daripada bayi jatuh pas dimandiin hehe.
  4. Handuk segi empat* Nggak beli, saya udah kemana-mana nyari handuk jepang legendari Kawamoto (Sekarang ganti label jadi cotton tree) di babyshop Madiun tapi nggak ada. Adanya handuk jepang biasa, hiks. Kenapa legendaris? Katanya sih walau tipis dan nggak selembut merk lain, daya serap handuk ini bagus dan cepat kering, cocok buat handuk bayi. Bisa sih beli online, tapi saya nggak sabaran dan keburu beli handuk hoodie dalam jumlah banyak. Tipsnya: stok handuk banyak karena bayi sering pipis lagi habis dimandiin (katanya), jadi minimal punya 2 handuk untuk ganti-ganti dan cuci kering pake.
  5. Handuk hoodie* ikea 1pc + mothercare 3pcs = total 4pcs (Karena kelamaan nggak nemu handuk jepang kawamoto/cotton tree, akhirnya saya beli handuk hoodie sekalian deh, harganya sama lho kayak handuk jepang itu. Dan pernah baca katanya daya serapnya juga bagus dan cepat kering, let’s see. Oya ini optional, kalau saya baca-baca sih banyak artikel kesehatan yg menyarankan supaya bayi setelah mandi harus segera dihanduki kepalanya dan harus ditutup karena ubun2nya masih kebuka, rentan kedinginan setelah mandi. So, bisa pilih punya handuk hoodie atau nanti cukup ditutupi saja kepalanya dengan handuk biasa).
  6. Perlak karet ondo (beli yang besar untuk mandi + kecil untuk tidur/gendong/nenenin) = total 2pcs (Untuk perlak saja kemarin saya pikirin sampai butek. Pasalnya, banyak jenis perlak yang dijual diluar sana. Kayak perlak merk carter kw, babybee, puku, mothercare kw, dll. Saya bingung itu fungsi dan perawatannya gimana, karena saya perhatikan bahan atasnya dari kain flanel sedangkan bawahnya waterproof. Berarti kalau bayi ngompol dan kena bagian kain flanelnya, ya harus diganti dan dicuci semua dong termasuk perlaknya. Akhirnya saya beli perlak ondo (perlak karet totol-totol yang standar warna pink biru itu lho) karena perawatan dan penggunaannya lebih praktis.
  7. Nosefrida nasal aspirator* belum beli, sebenarnya better ready than sorry tapi nggak nemu di babyshop Madiun dan masih galau antara beli nasal aspirator ini atau beli salep Breathy (pelega napas bayi) aja ya
  8. Termometer digital 1pc (Saya punya yg biasa di apotek harganya kalau nggak salah 25ribuan tahun 2013 yang lalu, dipakainya diketek hehe. Kalau buat bayi katanya bagus yang dimasukin ke telinga, tapi ya harganya lumayan mahal)
  9. Gunting kuku+sisir* belum beli karena masih galau sama fungsi, lama pemakaian, dan harga (ya masak sisir bayi aja harganya 80rb+, gunting kukunya juga mahal dan saya takut gunting kuku bayi, banyak ortu yang gagal dan malah melukai jari anaknya, hiks). Disarankan beli gunting kuku bayi yang model scissors (gunting kertas itu lho) bukan clipper (model gunting dewasa ukuran mini) banyak malpraktek terjadi karena model ini.
  10. Zwitsal baby bath head to toe (sabun+sampo) 1pc (beli ampul kecil untuk coba kecocokan bayi dulu)
  11. Zwitsal baby cream w/ zinc 1pc (beli ampul kecil untuk coba kecocokan bayi dulu)
  12. Zwirsal baby oil 1pc (beli ampul kecil untuk coba kecocokan bayi dulu)
  13. Zwitsal baby lotion* belum beli karena bingung pemakaiannya bagaimana kalau sudah ada baby cream, takutnya tumpang tindih. Soalnya baby cream bisa dipakai untuk seluruh badan. Belinya nanti aja kalo ternyata baby cream terlalu rich untuk kulit bayi. Atau beli pas bayi sudah agak besar dan potensi kena rash berkurang, untuk sekadar melembabkan kulitnya saja.
  14. Zwitsal hair lotion* belum beli, tapi sangat direkomendasikan untuk dibeli
  15. Telon cap gajah 1pc + telon konicare plus 1pc + telon bebe roosie 5pcs = 7pcs
  16. Mustela Bebe Hydra facial cream 1pc (persiapan supaya kulit wajah bayi jauh dari ruam susu)
  17. Liquid Talc mothercare 1pc (katanya bedak tabur sudah tidak dianjurkan karena butirannya bahaya apabila terhirup bayi, makanya saya siapin bedak cair buat jaga-jaga bayi kena biang keringat. Merk lainnya ada konicare separuh harga lebih murah dan Biolane yang kurang lebih sama harganya)
  18. Lucas pawpaw ointment 1pc (salep serbaguna bisa untuk mengatasi ruam, luka, lecet, bentol dan iritasi karena gigitan serangga, dan masalah kulit lainnya. Merk lainnya bephanten, trombopop, sudocream. Wajib punya untuk mengatasi emergency)
  19. Kacamata jemur Posey* Optional, tapi menurut saya penting jadi saya beli. Pernah lihat bayinya sepupu di jemur tuh sering silau dan ngulet nggak nyaman kena sinar matahari
  20. Kapas bulat kiloan yg 500gram trus buletin sendiri (yeah, kurang kerjaan banget trus kapok buletin sendiri, abis ini mending beli kapas kecantikan aja)
  21. Tisu basah khusus bayi non perfumed* belum beli, ntar mepet HPL aja
  22. Hand and mouth wipes pigeon 1pcs
  23. Stok disposable diapers sz NB dan sz S (Campuran merk pampers pants, sweety, mami poko, pampers premium care = ini dapat hadiah menang giveaway di female daily, horeee) beli yang kemasan kecil dulu untuk nyobain baby paling cocok sama yang mana
  24. Detergent khusus bayi* cussons (pas promo beli 1 gratis 1) + softener cussons. Optional menurut saya, karena sebenarnya pakai detergent biasa pun no problem asal bayinya tidak berkulit sensitif dan nyucinya dipisah dari pakaian dewasa.
  25. Tapi aku juga beli ecowash 2pcs dan ecostick 1pcs jadi setelah cussons habis uda ga bakalan beli-beli detergent lagi deh
  26. Kassa + alkohol* belum beli katanya nanti dpt dari RS dan itu uda cukup bgt
  27. Ember dengan tutup 2pcs (untuk jumlah optional, saya beli dua karena katanya dua sudah cukup, kalau 1 kurang. Fungsinya untuk taruh pakaian kotor basah seperti popok dan baju bayi yg kena pipis/gumoh dan baru dicuci keesokan harinya. Daripada baunya kemana-mana ya kan
  28. Tempat sampah injak 1pcs* Menurut saya perlu untuk buang popok disposable dan kapas basah , tisu basah, dan yang kotor-kotor lainnya. Kalau dibuang ke tempat sampah tanpa tutup bisa polusi udara dan mengundang lalat.
  29. Jemuran gurita buat bayi merk Lion Star 2pcs + Ibu saya beli lagi yg dari besi 5pcs (baju bayi kan kecil-kecil dan banyak, saya nggak punya space sebanyak itu, jadi butuh banyak)
  30. Jepitan jemuran 5pack (Siapin yg banyak aja deh daripada baju bayi yang tipis dan kecil itu terbang ketiup angin)

 

Perlengkapan ASI

  1. Breast pump electric Spectra 9+* wajib untuk ibu bekerja/working mom. Saya belum beli, masih masuk wishlist, nanti mau pinjem dulu BP manualnya sepupu, mau nyoba cocok apa enggak.
  2. Botol kaca BKA untuk simpan ASI 4 botol (sementara segini dulu, next time mau nambah kalo dirasa kurang. Kita lihat dulu produksi ASInya banyak apa enggak)
  3. Botol dot pigeon 1pc + dot avent 1pc sz newborn* untuk ibu rumah tangga yg idealis mungkin merasa nggak perlu beli dot, murni karena mereka selalu available untuk bayinya atau karena takut nanti bingung puting. Tapi buat saya ini penting, karena akan ada saatnya saya sibuk nyuci, beres-beres rumah, atau pergi dan saya harap Ibu atau sodara yang saya titipin bayi nggak bingung ngasih susu.
  4. Cup feeder* buat ibu yang takut bayinya bingung puting, bisa pake ini
  5. Bebe au lait nursing cover* (Wajib buat working mom, terutama yg berencana untuk pumping di kantor. Berhubung saya tidak berjilbab, saya butuh untuk menutupi aktivitas menyusui, secara belum semua public place menyiapkan ruang menyusui. Saya sih risih ya diliatin walaupun saya di rumah tapi kalau pas ada tamu, kayak sodara, Om, maupun teman sendiri. I think I need to cover my breast. Tapi bagi yg berjilbab ataupun yg merasa tidak perlu beli, bisa diganti dengan bedong/selimut. )
  6. Diaper bag* ga beli, nanti mau pake ransel aja seadanya
  7. Sterilizer* ga beli, nanti mau sterilin di panci air panas aja. Dan berharapnya bisa punya Panasonic Dish Dryer
  8. Drying rack* belum sempat beli tapi harus punya karena saya mau steril secara manual, sepertinya perlu drying rack dengan tutup supaya botol susu tidak terkontaminasi bakteri saat dikeringkan
  9. Liquid wash soap* belum sempat beli, sangat perlu untuk cuci peralatan ASI dan MPASI
  10. Bottle warmer* ga beli, tapi optional terutama buat ibu-ibu yang yang sering bawa anaknya jalan
  11. Cooler box* wajib untuk ibu bekerja. Saya nggak beli karena saya di rumah aja.
  12. Sikat pembersih botol 1pc
  13. Mama pad/Disposable Breastpad pigeon* (Beli yang ukuran kecil, penting nggak pentin sih karena belum tau ASI akan rembes apa enggak, tapi akhirnya saya beli karena katanya membantu banget untuk ngurangin perih gesekan ke baju ketika lecet)
  14. Mothercare it’s your body nipple cream 1pc* saya sudah punya dan lagi dipake buat lemesin puting, semoga bisa membantu soothing lecetnya puting saat menyusui besok. Merk lain yang bagus Medela Purelan, tapi ini optional karena puting diolesi ASI pun bisa sembuh

 

Lain-lain:

  1. Stroller babyelle, lupa tipe apa, alasan pilih ini karena sesuai kebutuhan, yakni: enteng bgt cocok buat aku yang petite dan kerempeng ini, ringkes dan travel friendly, mudah dilipet-buka, kuat nampung sampe berat baby 20kg, dan harganya murah sangat terjangkau. Sayangnya nggak bisa hadap 2 sisi, cuma bisa hadap depan. Ini pembelian pertama saya pas hamil 5 bulan karena buat saya, stroller sangat multifungsi bisa untuk jemur baby, muat masuk rumah jadi bisa buat naruh baby kalo lagi ditinggal sebentar ke toilet dan beres-beres rumah, jadi bisa untuk pengganti swinger/bouncer.
  2. Alas stroller, kalau punya stroller kayaknya harus punya alasnya ya, karena bawaan stroller kan beda-beda, mostly kosongan, tanpa alas bayinya nggak akan nyaman ditaruh disitu.
  3. Swinger/bouncer* Optional, karena penting-nggak penting. Cocok buat Ibu yang apa-apa ngurus bayinya sendiri. Jadi kalau lagi ditinggal ke toilet, masak, atau beres-beres baby bisa ditaruh disitu. Saya besok mau sewa aja dulu sebelum beli.
  4. Gendongan cukin batik 2pcs* Saya nggak beli gendongan yang berbagai model itu karena jarit/cukin aja cukup buat saya dan nggak ribet masangnya. Tapi gendongan itu kan masalah preference pemakainya, jadi silakan cari yang cocok dan nyaman. Model gendongan banyak macamnya kayak Sling, Kodok, dan Wrap.
  5. Ergobaby/I-angel* masih wishlist, buat baby kalo uda agak gedean at least 3mos dan ini rencananya yang pake suami karena aku lebih prefer taruh di stroller aja, capek bok gendong terus, badan kerempeng lemah gini hehehe.
  6. Carseat!!* belum terbeli tapi soon, soalnya penting banget buat safety, mau beli yg 0+ aja jadi bisa kepake lama dan bisa dilungsuri ke adeknya.

 

Keperluan Ibu:

  1. Pembalut nifas softex baru beli 1 pack, pembalut softex night, charm night 40 cm. Pengen deh beli dacco, katanya worthed banget pake ini
  2. Adult diapers 1 pack, beli yg model pant, kalau kurang ntar bisa beli lagi. Rasanya pakai ini lebih praktis dibandingkan kalau saya harus ribet nyuci celana dalam yang selalu bocor kena darah nifas.
  3. Bellefit* Ugh, I wish I could buy this tapi mahalnya astaghfirullah. But if you could afford this, go get one. It’s worth every penny.
  4. Gurita ibu 1pc
  5. Korset melahirkan 1pc
  6. Stagen 3 meter 1pc + stagen 7 meter 1pc
  7. Jamu pil istimewa 40hr Ny. Meneer ini random banget, saya malah nemu jamu ini dijual di hypermart lho hehe. Untung belum keliling kota nyari ke toko jamu.
  8. Jarit 2pcs untuk lahiran
  9. Bra menyusui 3pcs
  10. Daster kancing depan 4pcs
    (Note: keperluan diatas kecuali jamu, daster + bra menyusui, mostly Ibu saya yang nyiapin. Saya nggak gitu ngerti fungsi dan harusnya stok berapa banyak untuk masing-masing keperluan pasca melahirkan diatas).

Menurut saya yang essential dibeli untuk persiapan kelahiran baby ya yang di atas itu ya. Lainnya optional dan bisa menyusul dibeli nanti setelah lahiran, juga setelah melihat kondisi bayi dan situasi ibunya. Segera siapin listnya dari sekarang, kalau kayak saya tipenya walo uda nyiapin list minimalis juga yang akhirnya terbeli dan sekiranya dibutuhkan ternyata tetep banyak ya. Tiap selesai belanja trus cek stok kok masih adaaa aja yang kurang. Jika boleh membela diri, ini belanjaan jadi banyak karena kebutuhan baby memang beneran banyak. Apalagi saya lebih suka siapin segala kemungkinan daripada nanti kewalahan karena nggak punya padahal butuhnya saat itu juga. Walau uda saya pepet-pepetin tuh per size dan per itemnya cuma beli 3pcs-an, tapi yang dibutuhin memang banyak mau gmn.. hehe.

Oya, belanjaan ini menyesuaikan kondisi masing-masing jadi nggak bisa dipukul rata kayak daftar belanja yg dibagiin di babyshop. Saya belinya sengaja nyicil dikit-dikit per item dan per sizenya soalnya males kalo nanti mubazir nggak kepake atau dipake cuma bentar karena baby cepet gede hehe. Trus kalo masih kurang, rencananya nanti mau beli lagi di babyshop terdekat, untung ada Ibu yg bantuin jadi bisa wira wiri kesana kemari. Atau nanti juga bisa olshop kalo lagi kepepet nggak bisa keluar rumah.

Wah kok tahu-tahu udah panjang banget postingan ini. Setelah ini saya post tips and trick dalam berbelanja perlengkapan bayi ya. Stay tuned.

6 thoughts on “My baby Bejo’s first shopping list

    1. Banyak bgt ya ternyata printilan bayi. Tiap cek stok, eh adaaa aja yg kurang wkwk. Tapi perasaan ini lumayan minimalis kalo dibanding list org lain yg per sizenya sedia sekitar 1,5-2 lusin. Atau akunya aja yg lebay?

      1. hahaha, nggaklah, emang idealnya kayaknya segitu, aku aja yang kerajinan nyuci (baca:hemat beb), mengingat kepakenya bener2 sebentar banget, cuman celana baby yang nyetok 2 lusin itupun udah aku ‘lon-lonin’ ukuran M dan 3 bulan nggak ada udah masuk kardus aja. ah tapi nggakpapalah nafsu belanja ibu itu juga butuh disalurkan 😀

  1. wah wah wah… Oky postingannya detil sekaliiii :)) mungkin besok2 when I have my own familiy bakal baca postingan ini deh haha karena ku juga tipe orang minimalis untuk urusan keperluan hidup sihyaa haha kecuali buku *senderan rak buku*
    sehat selalu ya Kyyyy. lancar lahiran, ibu anak sehat, bapaknya sehat gak setress hehehe :))

Leave a Reply

