Cogitans

Semangat Tapi Malas

Salah satu program utama saya disini adalah Mengajar SD. Emang program mainstream sih, tapi yah begitulah kebutuhan yang ada disini. Selama mengajar, saya menemukan fakta mengenai dunia pendidikan yang sebenarnya sudah jadi rahasia umum. Soal ketidakmerataan SDM.

Sekolah di luar pulau Jawa memang amat sangat jauh tertinggal baik dalam metode pembelajaran maupun pencapaian standar sesuai kurikulum pendidikannya. Bukannya mereka anak-anak bodoh, tapi lingkungan pendidikan yang kurang kondusif yang membuat mereka tertinggal.

Contohnya, dalam pelajaran bahasa Inggris, mereka masih belum paham mengenai alfabet, angka dan vocab. Padahal Labuhan ini sudah diresmikan jadi daerah wisata lho. Masa iya, hal sederhana aja mereka masih belum mampu, padahal saya ngajar mulai dari kelas 4, 5, dan 6. Akibatnya, pas saya mau kasih materi yang lebih advance jadi susah. Ya udah sih, tiga kelas itu materinya sama semua~ materi dasar: Pengenalan Alfabet dan Angka dalam Bahasa Inggris.

Selain itu anak-anaknya juga lebih susah di atur. Nakal-nakal tapi sebenarnya anak baik. Yah, yang namanya anak SD dimana aja sama aja kok. Yang membedakan, disini salah satu sekolah yang saya datangi saya menemukan fakta lain. Di SD yang ini, murid-muridnya semangat belajar, tapi gurunya yang males, saya rasa sih mereka terlalu santai dan lebih suka gabut. Nggak kayak di Jawa, gurunya pada semangat mengajar, tapi muridnya yang kadang masih sering males, huehehe.
Anyway, nggak semua sekolah kayak gitu kok, soalnya di SD sebelah guru-guru dan murid-muridnya pada semangat mengajar dan belajar. Jadi, kembali lagi ke masing-masing individunya aja sih. Apakah mereka punya integritas dan kedisiplinan untuk maju atau enggak.

Leave a Reply

