Film/Drama

Hidarime Tantei EYE [SP]

Tanaka Ainosuke (Yamada Ryosuke) lahir dengan mata sebelah kiri yang lemah. Penglihatannya buram. Padahal dia sangat suka menggambar. Jadi sedikit kesulitan untuk beberapa sudut pandang. Namun kakaknya, Tanaka Yumehito (Yokoyama Yu) tiba-tiba saja menyumbangkan kornea kirinya untuk Ainosuke. Dan akhirnya Ainosuke bisa melihat lagi dengan jelas. Ketika pulang kerumah sehabis operasi, kakaknya mengirim amplop berisi uang sejumlah 2 juta yen dan sepucuk surat yang aneh. Kemudian, keesokan harinya Ainosuke menerima kabar bahwa kakaknya meninggal karena ledakan gas di laboratoriumnya.

Ainosuke tak percaya begitu saja dengan hasil laporan kepolisian yang menyatakan bahwa insiden itu murni kecelakaan. Karena sebagai adiknya, Ainosuke tahu benar kakaknya bukan tipe orang ceroboh yg bisa menyebabkan ledakan dalam pekerjaannya. Dan yang lebih aneh lagi, mata kirinya (hasil tranplantasi kornea kakaknya) mulai menunjukkan visi/gambar/penglihatan yg pernah di lihat kakaknya dulu. Dari sana ia mulai menyelidiki keanehan dibalik kematian Yumehito dibekali dengan petunjuk dari mata kirinya.

Ainosuke tidak sendirian. Ia dibantu oleh Dokter sekolah, Sayama Hitomi (Ishihara Satomi). Namun dokter yang satu ini bertujuan lain. Niatnya tidak murni menyingkap tabir kematian Yumehito, tapi demi mendapatkan uang milik Yumehito (karena dalam penglihatan Ainosuke, kakaknya punya uang segelan bank dalam jumlah cukup banyak).

Gerakan Ainosuke dan Hitomi bukannya tanpa halangan. Ada pembunuh bayaran yang menginginkan kematian mereka. Dan sadarlah mereka bahwa kematian Yumehito hanyalah bagian kecil dari rencana kejahatan besar. Hingga harus berhubungan dengan dektektif kepolisian Ohuchi Kenjo (Terawaki Yasufumi) yang memiliki integritas tinggi dan menjunjung kebenaran.


Hidarime Tantei EYE/Left Eye Detective memberikan suguhan jenis lain dari Detective Q yang pernah dimainkan Yamada Ryosuke sebelumnya. Saya lebih suka karakter Yamada Ryosuke sebagai Tanaka Ainosuke daripada sebagai Amakusa Ryu di Tantei Q. Perannya sama-sama seorang detektif/penyelidik yg berusaha menyingkap kasus, namun karakternya disini lebih tereksplore daripada hanya sekedar cowok keren jenius nan judes seperti Amakusa Ryu.

Diantara drama-drama lain yang pernah dia mainkan (Scrap Teacher, 1 Pound of Gospel, Detective Q) hanya dalam Hidarime Tantei EYE inilah akting Yamada Ryosuke sangat bagus dan patut diacungi jempol. Bukannya saya bilang aktingnya sebelumnya jelek, nggak, aktingnya sudah bagus. Tapi sungguh, di Left Eye Detective ini Yamada dituntut untuk menangis, marah dan sedih, sehingga ekspresinya beragam dan keahliannya berakting tidak boleh dipandang sebelah mata lagi.

Kemudian akting yang tak kalah bagusnya adalah Ishihara Satomi. Saya sudah melihat aktingnya dalam peran yg berbeda di (H2, Yoshitsune, Tsubasha no Oreta Tenshitachi 2, dan Puzzle) dan sama sekali tak mengecewakan. Karakternya yang sangat suka shopping membuatnya terlilit hutang dan motifnya membantu Ainosuke tak lain hanya untuk mendapatkan uang milik Yumeto.

Akting Tanaka Yumehito yang diperankan Yokoyama Yu juga tak kalah mengagumkan. Setiap kali muncul scene yang ada Yokoyama Yu saya selalu diterpa Deja Vu. Eh, ternyata dia emang pernah main di dorama Yukan Club sebagai Kikumasamune Seishiro (yang jadi anaknya pemilik rumah sakit yg pinter). Aneh sekali ngelihat Yokoyama Yu disini tampil keren, soalnya waktu di Yukan Club dandanannya enggak banget. Hahaha..

Meski baru SP (episode Spesial) yang dikeluarkan dulu, tapi saya sebagai penonton merasa drama Left Eye Detectivenya nanti (yg sudah ditayangkan sejak 9 Januari 2010 kemarin) bakalan heboh dan meraih rating tinggi. Dengan plot twist yang menegangkan, drama SP ini digunakan sebagai teaser. Bagi para pecinta film thriller dan detective setelah menontonnya dijamin akan tergoda untuk sebelum menyentuh drama berserinya.

Entah kenapa, walau hanya SP dari drama, saya mendapat kesan screenplay Hidarime Tantei Eye ini layak dikategorikan sebagai film. Karena script dan sinematografinya yang bagus sekali mungkin. Saya tidak seperti menonton SP-SP yg lain. Untuk itu, saya berani beri bintang 5 dari total 5 bintang.

Ketinggian kah nilai itu? Enggak dong. Coba tonton dan nilai sendiri, lalu bandingkan dengan nilai saya 😀

Ah, omong-omong, walau sudah tayang sejak tanggal 9 kemarin, masih belum ada tim subbing yang megang drama ini. Jadi untuk pecinta Yamada Ryosuke dan drama jenis crime/thriller/detective diharap bersabar karena kesempatan menonton kita masih jauh.

Untuk yang mau merasakan teasernya (a.k.a Hidarime Tantei Eye SP) bisa download versi RAWnya:

FILE: MOVIE
TYPE: .AVI
SIZE: 620 MB
DOWNLOADENG SUB

*jika ingin pakai Subtitle Indonesia, sudah saya translatekan sendiri, semoga hasilnya bagus. Selamat menikmati.
IND SUB

Cara Download IDWS

Subtitle Indonesia untuk Doramanya bisa di download langsung di Blog Indonesia Subtitle

Advertisements

6 thoughts on “Hidarime Tantei EYE [SP]

  1. thx dah post thread ini!!^^
    sy suka bgt sm drama ber-genre detective. Tantei Gakuen pun sdh sy koleksi!!

    subs indonya jg bgs bgt!!
    btw, ada subs indo ga buat Tantei Gakuen??

    oya, seriesnya Hidarime Tantei Eye uah kluar kok, udah sampe eps 4. klo sempet translate-in lg ke indo ya…

    arigatou gozaimasu!!

  2. @nate
    Cihuyy.. keren. Apa aja koleksi genre detective kamu? Udah nonton tokyo dogs juga dong berarti.

    Makasih ya.. itu ngesubnya agak lama. Semingguan baru selesai. Soalnya translate sendirian sih.. kalau ada tim gitu bisa lebih cepet.

    Oh ya? Wah, udah sampe eps 4. Aku udah lama ga ngikutin coz lagi sibuk UAN. Kalau ada waktu aku coba translatekan lagi. Tapi ga janji cepat selesai, coz blom download versi rawnya. XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s