Uncategorized

Buat Alamat Blogmu Sendiri

Pasti asyik banget kalau punya alamat blog sendiri seperti www.radityadika.com tanpa harus diembel-embeli .blogspot.com atau .multiply.com di belakangnya. Kalau masih ada embel-embel begitu kesannya kita masih numpang. Saya mau sharing gimana cara ganti alamat blog kita dengan subdomain gratis .CO.CC


“DNS
(Domain Name System) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email) untuk setiap domain.”

Sayang sekali saya males melengkapi tutorial ini dengan gambar/petunjuk. Harap maklum.

Step 1. Silakan kunjungi di provider domain gratis .co.cc

Step 2. Disana ada field untuk mengecek ketersediaan alamat domain. Silakan isi dengan alamat domain yang kamu mau sesudah www dan sebelum co.cc. Contoh: www.okeyzz.co.cc (Jika sudah ada yang memakai, maka ganti dengan nama lain)

Step 3. Jika nama yang kamu yang anda maksud available/tersedia secara free/gratis. Klik Continue to Registration. Pada saat yang sama, .co.cc akan mengirim email pemberitahuan bahwa pendaftaran sukses ke email kamu.

Perhatian.
Di sini akan tertera bahwa kamu hanya punya waktu 48 jam untuk men-SET UP domain tersebut.

Step 4. Sekarang, kamu klik set up sebelum waktu habis. Kita akan masuk ke halaman Manage Domain. Disana ada 3 pilihan: Manage DNS, Zone Records, dan URL Fowarding. Untuk awalnya, kita pakai URL Fowarding dulu karena lebih mudah dan cepat. Kamu klik aja URL Fowarding dan nanti akan muncul option yang harus kamu isi.

Redirect to: isi dengan alamat blog anda. [contoh: http://www.okeyzz.multiply.com].

Page Title: Judul blog Anda [contoh: Okeyzz Official Blog].

Frame: Pilih URL Hiding [jika butuh informasi lebih, silakan klik petunjuk yang ada dibawah pilihan itu].

Meta Description: Penjelasan ringkas tentang isi/tema blog Anda. [contoh: Okeyzz Official Blog berisi tentang kumpulan tips trik komputer, mulai dari perakitan hardware, tips-trik software, informasi virus dan antivirus, tips-trik internet, dan juga konfigurasi jaringan].

Meta Keywords: Kata kunci yang terdapat di blog anda. [contoh: computer, komputer, internet, virus, antivirus, software, softwares, hardware, trik].

Step 5. Setelah mengisi data-data di atas. Klik Set Up dan selesai deh. Selamat, alamat blogmu sudah jadi. Kamu nggak perlu setting apapun di blogger atau multiply kamu. Fasilitas ini langsung pakai. Jadi tinggal klik http://www.okeyzz.co.cc kamu akan langsung dihubungkan menuju blog kamu. Gampang kan?

Oh iya, fasilitas ini juga bisa di pakai untuk Friendster, Facebook, Myspace, dst lho. “Redirect to” itulah yang menentukan kemana arah domain co.cc baru anda diarahkan.

Saya sudah coba fasilitas ini untuk forum dan blog ekskul sekolah saya. Sukses, alhamdulillah. Sayangnya, fasilitas URL Fowarding ini cuma gratis selama 1 tahun saja. Kalau mau lebih dari satu tahun harus punya hosting.

Kalau jodoh, saya akan bahas lagi yang menggunakan hosting. Itu pakai fasilitas Manage DNS dan sekarang saya nyoba setting alamat blog multiply pakai hosting itu. Cuma harus nunggu 48 jam sebelum bisa di pakai, nggak kayak URL Fowarding yang langsung bisa redirect begitu selesai Set Up.

Selamat mencoba ~XD

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s