Uncategorized

Misteri namaku

Kamis, 24 Mei 2007 di malam yg sama, dengan mata sedikit mengantuk. Masih soal betapa gateknya aku.

See! aku bahkan belum bisa upload foto wajahku sendiri!! Well, bukannya aku mw pasang tampang atau gimana. Aku bahkan ga punya digicam ataupun hp berkamera yg sewaktu2 bisa kugunakan untuk berfoto ria, kenyataannya aku ini narsis. Tapi, setidaknya aku ingin pasang foto apa saja kek, foto artis atw sepupuku yg cantik. Bukannya membiarkannya kosong melompong begitu. Memangnya aku siapa? Invisible Woman?

Dan satu fakta yg harus diketahui. Aku ini cewe. Memang namaku oky, yg sangat pasaran untuk cowo, pernah saat aku kelas 1 smp dan menjadi atlit bola voli di sekolahku. Aku ikut persatuan bola voli atas rekomendasi pelatihku yg merangkap guru olahraga disekolahku. Setiap hari minggu pagi, kami akan latihan bersama2 seluruh angkatan Baik senior maupun Junior. Karena ini bukan instansi sekolah, jadi anggotanya tidak terbatas anak smp saja. Bahkan banyak diantara mereka anak smu dan kebanyakan laki2. Ketika diabsen, setidaknya ada 7 anggota bernama “oky” (aku menghitungnya lho) “benar2 nama pasaran,” begitu komentar senior perempuan yg aku ga tw namanya. Dan seluruh anggota menoleh memandangku saat pelatih memanggil nama lengkapku dan aku mengacungkan tangan. Seaneh itukah namaku? Iya. Aku tw namaku ga umum untuk cewe, dan aku mencoba membiasakan diri karenanya. Tapi setiap kali kau masuk kelas dan bertemu dengan guru atw orang yg baru dan dia memanggil namamu dari dalam daftar absen, otomatis dy akan memfokuskan pandangan ke tempat duduk putra. Dan terkaget2 ketika pemilik nama itu aku. Cewek.!! Atw, ketika ada paket barang atas namaku dan menandatangani notanya, maka petugas itu akan memandangmu dengan tatapan curiga. Lalu, ketika kau balas memandangnya, ia akan pura2 masa bodoh dengan hal itu.

Sering kali aku menyalahkan orangtuaku, mengapa mmberiku nama anak laki2? bukannya Selly, Alice, Mary atw nama2 manis lainnya. Bahkan nama asli tukul aja Renaldi!!!betapa tak adilnya ini. Maksudku, aku akan terima2 saja kalo namaku Martha Gracey Oky Putri atw lainnya. Kan, aku bisa menggunakan Martha, Gracey atw Putri sebagai nama panggilanku. Tapi, Namaku Oky Septya Budiarni. Bagian mananya coba yg layak dianggap manis? Ga heran semua orang akan menganggap aku ini cowok!! Bahkan guru matematikaku salah memasukkan data jenis kelaminku untuk ijazah kelulusan. Bayangkan aku kemana2 melamar pekerjaan sambil memberi penjelasan pada calon bos bahwa kau nin cewek tulen dari lahir dan tak pernah menjalani operasi apapun seumur hidupku, termasuk operasi ganti kelamin. Seumur hidup, nama panggilan termanisku hanya kiki. Tapi itu hanya sampe umurku 9 tahun. Sekarang, aku terbiasa dengan panggilan oky jelly drink!!

Setidaknya aku tak mendapat nama Oky Bambang Agus Pringgandono jika aku terlahir sebagai laki2. Itu nama yg telah disiapkan oleh ayahku, karena 3 kali tes USG menyatakan kandungan ibuku laki2. Dan ayahku, apapun yg terjadi ingin menamai anaknya OKY = Ogan Komling Ilir. Sebagai kenang2 kami pernah tinggal di Palembang katanya. Hey, aku bahkan belum lahir saat itu!! Jadi, namaku sekarang hanyalah nama yg mendadak dibuat ibuku menjelang pembuatan akte kelahiran karena terburu2. Pamanku bahkan salah mmasukkan nama yg benar. Selama bertahun2 aku percaya namaku adalah Okky dengan dobel K. Sampai saat kelas 6 sd dan kami semua disuruh mengumplakan akte kelahiran dimana kau akan dilempar dari lowongan pekerjaan jika namamu dalam akte dan ijazah tidak sama. Aku baru sadar kalau penulisan dalam akte adalah “oky” bukan “okky”. Yg benar saja!!

Aku benar2 mengantuk. Siang tadi ga tidur. Aku butuh istirahat.

Leave a Reply

